UNBK HARI KEEMPAT : THE LAST!!!

Bagi pecinta anime jika ada kata “The Last!!!” pasti berpikiran tentang movie terakhir Naruto salah satu kartun Jepang yang baru tamat tetapi pada artikel ini yang dimaksud the last adalah hari terakhir pelaksanaan UNBK. Ya, pada hari Senin ini siswa siswi SMP KARTIKA IV-8 begitu semangat untuk melakukan ujian terakhir yang harus dilewati. Selain perasaan semangat tentunya ada perasaan bahagia yang menyelimuti pikiran para siswa. Perjuangan selama tiga tahun di SMP akan segera berakhir dan akan memulai petualangan baru baik di SMA maupun di SMK.

Pada hari terakhir penyelenggaraan UNBK ini matapelajaran yang diujikan adalah Ilmu Pengetahuan Alam atau disingkat IPA. IPA sendiri meruapaka ilmu yang digunakan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi di alam dan IPA terdiri dari fisika, biologi dan kimia. Fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda di alam. Gejala-gejala ini pada mulanya adalah apa yang dialami oleh indra kita, misalnya penglihatan menemukan optika atau cahaya, pendengaran menemukan pelajaran tentang bunyi, dan indra peraba yang dapat merasakan panas. Ilmu bologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan makhluk hidup dan kehidupan. lmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa atau fenomena yang terjadi dialam, lebih spesifiknya lagi mempelajari tentang materi dan perubahan yang menyertainya.  Dalam jenjang SMP ketiga ilmu tersebut dijadikan satu dan disebut IPA terpadu.

Pembelajaran IPA menurut siswa susah susah gampang. Hali ini karena banyak sekali bahasa latin maupun bahasa asing untuk menyebutkan istilah mengenai sistem kehidupan makluk hidup. Selain itu jika mempelajari tentang fisika maka akan bertemu dengan rumus-rumus untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Oleh sebab itu SMP KARTIKA IV-8 menyediakan dua guru untuk membantu kelas 9 dalam belajar IPA. Kedua guru tersebut adalah Ibu Erlis Sofilla R. S.Pd dan Bapak Iwan Arisanto, S.Pd. Selain itu SMP KARTIKA IV-8 juga membentuk enstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja yang berfungsi membantu siswa mengasah kemampuan berpikir secara ilmiah.

Diharapkan dengan berpikir ilmiah siswa SMP KARTIKA IV-8 dapat menjelaskan fenomena alam secara logis ketika sudah lulus dari jenjang SMP. Perjalanan siswa kelas 9 juga sudah mencapai bagian akhir di SMP KARTIKA IV-8. Semoga sama seperti film “The Last” yang berakhir bahagia. Siswa siswi SMP KARTIKA IV-8 juga dapat tersenyum bahagia di akhir perjalanannya karena mendapatkan hasil bagus dalam UNBK tahun ini dan mereka dapat melanjutkan perjalanan baru di SMA maupun SMK yang diinginkan.

Jangan lupa untuk terus bersyukur setelah UNBK selesai………

One comment

  1. Siiippp…
    Semangat terus dlm perjuangan anak2ku semuaaaa….

    Utk admin (p Iwan )…jempoooolll…
    Web nya tetap dirawat ya pak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *