HARDIKNAS MOMENTUM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI UNAS

HARDIKNAS atau Hari Pendidikan Nasional merupakan hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan Indonesia. Pada tahun ini hari pendidikan nasional sangat istimewa bagi siswa SMP karena bertepatan juga dengan Ujian Nasional yang diselenggarakan pemerintah. Tentunyaa dengan adanya Ujian Nasional diharapkan mutu pendidikan Indonesia terus meningkat seperti yang di inginkan oleh Ki Hajdar Dewantara.

 

 

 

 

 

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei bertepatan dengan hari lahirnya Ki Hajar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda. Beliau dikenal berani menentang kebijakan pendidikan pemerintahan Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengeyam bangku pendidikan. Prinsip dasar dalam pendidikan yang dibuat Ki Hadjar Dewantara dan menjadi pedoman bagi seorang guru dikenal sebagai Paptrap Triloka. Patrap Triloka memiliki unsur-unsur (dalam bahasa Jawa) :

  • Ing ngarsa sung tulada (“Guru yang di depan memberi teladan”)
  • Ing madya mangun karsa (“Guru yang di tengah membangun kemauan/inisiatif”)
  • Tut wuri handayani (“Guru dari belakang mendukung muridnya”)

Patrap Triloka dipakai sebagai panduan dan pedoman dalam dunia pendidikan di Indonesia

Pada saat sekarang ini perjuangan beliau sudah terlaksana. Pendidikan merupakan hak dan kewajiban bagi seluruh anak Indonesia. Pemerintah juga menerapkan program 9 tahun belajar. Untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia pemerintah juga melaksanakan Ujian Nasional tahun 2017 yang bertepatan dengan hari pendidikan nasional. Ujian Nasional SMP yang terdiri dari empat matapelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, matematika dan IPA pada tahun ini memakai sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer.

 

 

 

 

 

SMP KARTIKA IV-8 merupakan salah satu sekolah yang ada di Kota Malang juga mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Siswa-siswi SMP KARTIKA IV-8 melaksanakan Ujian Nasional di SMK Negeri 5 Malang yang terbagi menjadi sesi dua dan sesi tiga. Untuk terus mendukung peningkatan kulaitas pendidikan SMP KARTIKA IV-8 berupaya menambah komputer yang berada di laboratorium dan memperbaiki sistem internet agar tahun depan dapat melaksanakan Ujian Nasional di sekolah sendiri. Ujian Nasional SMP tahun ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional diharapkan bisa menjadi momentum dalam meningkatkan kualitas dan mutu pedidikan Indonesia serta semoga siswa siswi SMP KARTIKA IV-8 dapat melaksanakan Ujian Nasional dengan lancar dan meraih hasil memuaskan.

 

 

 

 

 

JAYALAH KARTIKA!!!!!!!!

One comment

  1. Aamiin.
    Sukses dan lancar dlm unbk utk anak2ku semua.
    Dan…
    Sukses dan lancar jg dlm kehidupan dunia dan akhirat.
    JAYALAH KARTIKA!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *