Regenerasi OSIS SMP Kartika IV-8

Banyak hal yang didapatkan dalam pendidikan di sekolah. Peserta didik tidak hanya mendapatkan ilmu secara akademis tetapi juga dapat mengembangkan berbagai kepribadian dan ilmu ketika nanti terjun dalam lingkungan masyarakat seperti mengorganisasi suatu acara. Untuk melatih peserta didik mendapatkan ilmu tersebut maka pihak sekolah membentuk Organisasi Siswa Intra sekolah atau biasanya disebut osis. Osis merupakan wadah bagi siswa mengembangkan potensi dan kepribadiannya. Osis di SMP Kartika IV-8 hanya memiliki satu periode kepengurusan dan akan segera berakhir sehingga perlu adanya regenerasi dalam bentuk seleksi anggota osis baru.

Seleksi dilakukan dalam tiga tahap dan diharapkan melalui seleksi ini di dapat 40 anggota pengurus osis 2021. Tahap pertama dilakukan dengan rekomendasi wali kelas 7 dan 8. Setiap wali kelas rata-rata mengajukan 5 peserta didik sehingga di dapat 58 calon pengurus osis. Selesai tahap rekomendasi maka 58 peserta didik ini akan diseleksi dengan dua tahap. Tahap pertama dilakukan test tulis yang rencananya dilakukan pada tangga 23 November 2020 sedangkan tahap kedua dilakukan wawancara pada tanggal 25 November 2020.

Sebelum diadakan tes tulis peserta didik diberikan materi terlebih dahulu dalam seminggu yang dilakukan di grup wa yang telah dibentuk. Materi test tulis sendiri terdiri dari empat komponen yaitu :

1. Materi keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME serat materi budi pekerti atau akhlak mulia

2. Materi kepribadian unggul,wawasan kebangsaan dan bela Negara

3. Materi kreativitas ketrampilan dan kewirausahaan,toleransi social dan lingkungan hidup.

4. Materi sastra dan budaya Sedangkan test wawancara digunakan untuk menggali bagaimana karakter calon pengurus osis.

Setelah melalui dua tahap tersebut maka pada tanggal 27 November akan diumumkan pengurus osis baru berdasarkan hasil integrasi antara test tulis dan test wawancara. Selanjutnya tim penilai akan mengambil 4 pengurus baru untuk merebutkan posisi Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara osis. Proses pemilihan sendiri dilakukan oleh seluruh warga SMP Kartika IV-8 Malang agar menanamkan jiwa demokrasi sejak dini. Sebelum dilakukan voting untuk pemelihan ketua osis baru, empat peserta didik yang terpilih dapat melakukan kampanye dengan membuat video dan dapat dilihat di semuan medsos (Facebook, website, youtube dan instagram) yang dimiliki SMP Kartika IV-8 malang pada tanggal 30 November sampai 5 Desember 2020.

Hasil voting akan diumumkan pada tanggal 8 Desember 2020 dan keempat peserta didik tersebut akan langsung menjadi pengurus inti yaitu ketu, wakil ketua, seketaris dan bendahara osis SMP Kartika IV-8 Malang tahun 2021. Pengurus inti dan kesiswaan akaan berdikusi membuat struktur organisasi serta pengurus osis 2021 dan diumukna pada tanggal 10 Desember 2020. Terakhir diadakan serah terima antara pengurus lama dan pengurus baru pada tanggal 14 Desember 2020. Semoga agenda regenerasi pengurus osis lancar dan siap-siap bagi kalian untuk menggunakan hak suara yang dimiliki dalam pemilihan ketua osis 2021. Untuk melihat calon pengurus OSIS dan jadwal seleksi bisa di download di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *