HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

Hari Peduli Sampah Nasional ditetapkan oleh pemerintah pada tanggal 21 Februari 2015 dan sejak saat itu selalu diperingati agar masyarakat Indonesia memiliki kepedulian terhadap sampah yang dihasilkan. Untuk memperingati hari peduli sampah biasanya dilakukan kerja bakti secara gotong royong yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia tak terkecuali acara yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang. Pada tahun ini Dinas Lingkungan Hidup mengadakan berbagai acara yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Malang pada tanggal 1 Maret 2020. Berbagai acara tersebut diantaranya lomba mewarnai, lomba melukis tong sampah, lomba kerajinan daur ulang, dan lomba fashion show. Sedangkan untuk aksinya dilakukan aksi angkat sampah, aksi pembersihan trotoar, aksi cabut paku yang diikuti oleh berbagai komunitas dan sekolah Kota Malang.

SMP Kartika IV-8 malang sebagai sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi ikut berpartisipasi memperingati hari peduli nasional yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup tersebut. Untuk perlombaan SMP Kartika IV-8 Malang mengikuti perlombaan fashion show dari bahan daur ulang dengan mengirimkan tiga siswinya yaitu Dea Reva kelas 7C, Ellya kelas 8D dan Bilqis kelas 9F sedangkan untuk aksi membersikan trotoar dan pencabutan paku di pohon dilakukan 14 anggota OSIS SMP Kartika IV-8 Malang. Dalam aksi membersihkan trotoar dan pencabutan paku SMP Kartika IV-8 Malang mendapatkan kelompok B dimana kelompok tersebut membersihkan bagian timur Alun-alun Kota Malang.

Diharapkan dengan mengikuti perlombaan dan aksi yang dibuat oleh Dinas Lingkungan Hidup ini dapat meningkatakan kepedulian siswa terhadap sampah. Sehingga bisa ditularkan ke siswa lain yang ada di SMP Kartika IV-8 Malang dan menjadi gerakan positif mengenai kepedulian sampah. Hal ini sesuai dengan visi SMP Kartika IV-8 Malang yaitu  “ Terbentuknya Manusia yang Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, Berbudi Pekerti Luhur, Cakap, Trampil, Sehat Jasmani dan Rohani Serta Peduli Lingkungan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *