Perjalanan Green School Festival 2019 SMP Kartika IV 8 Malang

Radar Malang dan Dinas Pendidikan Kota Malang setiap tahunnya mengadakan kolaborasi untuk mengadakan Green School Festival (GSF). Adapun tujuan diadakannya Green School Festival diantaranya  : mendukung program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), mendukung program Adiwiyata, sebagai pertimbangan dalam menentukan sekolah Adiwiyata serta sebagai bahan pertimbangan atas pengembangan, pembinaan dan peningkatan mutu lingkungan hijau dan kesehatan sekolah berbasis komunitas. Tujuan Green School Festival tersebut sangat sesuai dengan visi misi SMP Kartika IV 8 Malang sehingga setiap tahunnya selalu berpastisipasi dalam lomba GSF tersebut.

Green School Festival dimulai dengan kegiatan worksho yang dilakukan di Hotel Aria Gajayana. Setiap sekolah mengirim 1 orang guru dan 1 orang siswa untuk mengikuti workshop tersebut. SMP Kartika IV 8 Malang mengirimkan Bapak Didik Sudarwanto, S.Pd dan Wildan Agatha untuk mengikuti kegiatan tersebut. Setelah kegiatan workshop langsung dibentuk tim 9 isu yaitu isu tata kelola sekolah, isu energi, isu air dan limbah, isu tanaman hijau, isu sampah dan polusi, isu inovasi teknologi, isu sekolah ramah anak, isu sekolah sehat dan isu literasi dan publikasi media sosial. Masing-masing isu berisi tiga siswa yang dibimbing oleh tiga guru untuk mencari masalah dan potensi yang berada di SMP Kartika IV 8 Malang. Masalah dan poetnsi yang telah ditemukan akan dituangkan ke dalam peta sekolah.

Selesai melakukan pemetaan masalah dan potensi yang dimiliki oleh SMP Kartika IV 8 Malang mulai memperbaiki masalah serta mengembangkan potensi. Berbagai masalah yang bisa diselesaikan sebelum penjurian dimasukan ke program jangka pendek sedangkan masalah yang membutuhkan perencanaan dimasukan ke program jangka panjang. Dalam penyampaian peta complilasi sebesar 70 % maslah berhasil diselesaikan sedangkan 70 % masalah berhasil diselesaikan dengan tiindak laju melalui program secara berkala. Sedangkan potensi sebesar 63 % sudah dikembangkan dan sebanyak 37 % dikembangkan sebagai program kerja berkenlanjutan.

Rangkaian kegiatan Green School Festival 2019 mencapai puncaknya pada hari Kamis 17 Oktober 2019 dengan datangnya dewan juri di SMP Kartika IV-8 Malang. Acara yang dimulai sekitar pukul 14.30 WIB tersebut dibuka dengan penyambutan dewan juri yang dilakukan tari barong. Dilanjutkan drama kolosal beserta tarian serta yel-yel yang dilakukan seluruh warga SMP Kartika IV-8 Malang dan fashion busana daur ulang. Pada acara inti dilakukan penilain 9 isu, penilaian dokumen serta penilaian mading 3D dengan tema ” I am not a robot but i am a human being”. Ada juga pameran produk SMP Kartika IV 8 Malang diantaramya kompos, minuman instan jahe, kunyit dan kencur serta produk kue lumpur waluh dan puding lidah buaya yang semuanya diproduksi dari kebun SMP KARTIKA IV-8 Malang. Jika ini melihat foto ketika penjurian dapat melihat Facebook SMP Kartika IV-8 malang. Persiapan GSF 2019 telah usai diharapkan tidak hanya sebagai sebuah perlombaan tetapi terus dilanjutkan sampai terbentuk menjadi karakter. Karakter yang berwawasan lingkungan sehingga terus merawat lingkungan dan menjaga kelestarian bumi. Agar bumi tetap dapat ditinggali sampai generasi berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *