Idul Adha 1440 H

Tanggal 10 Dzulhijjah tahun 1440 H jatuh pada hari Minggu. Seluruh umat muslim di dunia merayakan Idul Adha dimana bagi muslim yang mampu melakukan qurban baik hewan sapi maupun kambing. Tak ketinggalan keluarga besar SMP Kartika IV 8 Malang juga ikut merayakannya. Untuk membentuk karakter siswa maka pihak sekolah membiasakan siswa SMP Kartika IV 8 Malang melakukan shodaqoh qurban tiap tahunnya dan dikoordinasi oleh wali kelas. Dari hasil shodaqoh yang dilakukan oleh siswa bisa membeli seekor sapi. Selain dari siswa terdapat juga sumbangan dari jamaah dan alumni SMP Kartika IV 8 Malang berupa satu ekor sapi dan lima ekor kambing. Total terdapat dua ekor sapi dan lima ekor kambing yang diqurbankan keluarga besar SMP Kartika IV 8 Malang.

Hewan yang akan di qurban kan sendiri sampai ke SMP Kartika IV 8 Malang pada hari Sabtu, di mana pada hari tersebut panitia yang dibantu oleh osis mempersiapkan segala sesuatu untuk besok. Minggu paginya tiba saatnya melaksanakan qurba. Didahului dengan Sholat Ied yang dilaksanakan di lapangan SMP Kartika IV 8 Malang dan dihadiri oleh seluruh keluarga besar SMP Kartika IV 8 Malang. Sejak pagi pukul 06.00 WIB jamaah sudah siap untuk melaksanakan sholat yang akan dipimpin oleh Ustad Rifai sebagai imam dan khotib. Ustad Rifai mengambil tema mengenai bagaimana Nabi Ibrahim sangat dermawan dan menjadi sebab dari diperintahkannya melakukan qurba. Diharapkan dengan mengambil tema tersebut siswa SMP Kartika IV 8 Malang bisa mencotoh sikap dermawan yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim.

Selesai melaksanakan sholat dilakukan penyembelihan hewan qurban. Bapak Ibu guru dan karyawan segera mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk pembagian hewan qurban. Hewan qurban yang telah dipotong dibagi ke dalam kantong kantong kresek untuk disalurkan ke siswa dan warga sekitar. Sebelum hari Minggu telah disebar 512 kupon pengambilan daging ke siswa. Pengambilan daging qurban sendiri dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. Selain para siswa warga sekitar juga mendapatkan daging qurban keluarga besar SMP Kartika IV 8 Malang. Kegiatan Idul Adha pun berjalan lancar dan sukses. Bapak Sanuri selaku kepala sekolah SMP Kartika IV 8 Malang mengucapkan “Kami sampaikan terima kasih yang setulus tulusnya kepada Bapak/ Ibu Panitia hari raya Qurban, Bapak/Ibu guru dan karyawan, serta Bapak/Ibu yang telah menitipkan hewan Qurban ke SMP Kartika IV 8 Malang untuk disalurkan kepada yang berhak..
Semoga semuanya dicatat sebagai amal ibadah dan Alloh meridhoinya Amin…
Semoga Bapak/Ibu selalu dilimpahkan rizki yg barokah.Amin….”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *