Ekstrakulikuler Panahan SMP KARTIKA IV-8 Malang

Memanah merupakan salah satu olahraga yang mulai banyak diminati oleh masyarakat. Apalagi jika yang beragama islam terdapat berbagai hadis yang mengajurkan untuk melatih anak-anak belajara memanah. Seperti hadis yang diriwayatkan Bukhari/Muslim yang berbunyi “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (Riwayat Sahih Bukhari/Muslim)
Olahraga memanah juga berkontribusi dalam menyumbang medali dalam gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dengan menyumbang satu perak dan satu perunggu. Perak disumbangkan oleh Diananda Choirunisa di nomor recurve putri sedangkan perunggu dipersembahkan Riau Ega Agata Salsabila.

Adapun manfaat memanah adalah :

  • Melatih emosi dan fizikal untuk meletakkan target pada sasaran. Memanah sangat menitik beratkan body balancing. Maka jika pemanah emosinya tertekan, makapanahan amat mudah tersasar. Secara tidak langsung, sukan ini melatih manusia bertenang dan menstabilkan emosi.
  • Individu yang tidak tenang, gopoh, pemarah, kurang sabar atau kurang sihat mentalnya tidak akan menjadi pemanah yang baik.
  • Perbuatan melenturkan anak panah di busurnya, kemudian melepaskannya perlu satu kekuatan fizikal, sukan ini juga satu latihan holistik kepada diri seseorang dari segi fizikal dan mental. (dikutip dari http://meyheriadi.blogspot.com)

Dari penjelasan di atas dan melihat antusiasme mengenai olahraga memanah maka SMP KARTIKA IV-8 Malang membentuk ekstrakulikuler memanah. Ekstrakulikuler memanah dilakukan setiap hari Sabtu pukul 08.00 di SMP Kartika IV-8 Malang yaitu Jalan A Yani no 95. Ekstrakulikuler yang dibina langsung oleh Ibu Reta ini tidak hanya diminati oleh siswa saja tetapi banyak guru-guru lain melakukan olahraga panah setiap sabtunya. Seperti Bapak Afiek, Bapak Kresna, Ibu Ulfie, Ibu Ira dan Ibu Erlis. Kehadiran Bapak Ibu guru tersebut  menambah keseruan dalam kegiatan ekstakulikuler memanah.

Dengan adanya ekstrakulikuler memanah tersebut menambah banyak ekstrakulikuler yang dimiliki oleh SMP Kartika IV-8 Malang. Total tertabat 17 ekstrakulikuler yang dimiliki. Seluruh ekstrakulikuler tersebut untuk menunjang bakat dan minat seluruh peserta didik SMP Kartika IV-8 Malang. Baik bakat minat bidang olahraga, seni maupun akademis. Hal ini sesuai dengan visi misi yang dimiliki oleh SMP Kartika IV-8 Malang yaitu

“ TERBENTUKNYA MANUSIA YANG BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERBUDI PEKERTI LUHUR, CAKAP, TRAMPIL, SEHAT JASMANI DAN ROHANI SERTA PEDULI LINGKUNGAN”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *