Kaderisasi Kesehatan Remaja Puskesmas Polowijen

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga kita sering mendengar istilah lebih baik mencegah daripada mengobati. Menjaga kesehatan perlu ditanamkan sejak dini sehingga diharapkan menjadi karakter seorang anak. Pentingnya penanam menjaga kesehatan ini menjadi prioritas bagi SMP KARTIKA IV 8 Malang terutama mulai tahun kemarin menjadi sekolah Adiwiyata. Agar para siswa menyadari pentingnya kesehatan maka perlu ada pengkaderan siswa. Dengan adanya kader kesehatan remaja ini diharapkan mengajak teman sebayanya untuk selalu menjaga kesehatan. SMP KARTIKA IV 8 Malang bekerjasama dengan Puskesmas Polowijen melakukan kegiatan Pembinaan Kader Kesehatan Remaja.

Kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 17-18 Oktober 2018 bertempat di Puskesmas Polowijen. SMP KARTIKA IV 8 Malang mengirimkan lima siswanya. Semua siswa diambil dari OSIS yaitu Afriza (8A), Ardy (8A), Fahmi (8A), Adina (8E) dan Hilda (8E). Berbagai informasi seputar kesehatan remaja dibahas dalam kegiatan tersebut seperti “GERMAS” (Gerakan Masyarakat Sehat) yaitu gerakan secara sistematis dan terencana yang dilakukan seluruh elemen masyarakat dalam kesadaran, kemauan maupun berprilaku hidup sehata dalam rangka meningkatkan kwalitas hidup. Ada beberapa kegiatan Germas yaitu :

  1. Melakukan aktivitas fisik
  2. Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari
  3. Cek kesehatan secara rutin
  4. Membersihkan lingkungan
  5. Tidak merokok
  6. Tidak mengkonsumsi alkohol

Pengecekan kesehatan secara rutin juga diperlukan agar bisa menjaga kesehatan dengan baik. Pengecekan kesehatan yang rutin bisa melakukan pengukuran tinggi dan massa badan, pengukuran lingkar perut, pengukuran gula darah dan kolesteron. Para siswa juga diberi materi mengenai penyakit animea meliputi ciri ciri, penyebab dan bahaya dari animea. Tak ketinggal pihak puskesma juga memberikan pembekalan mengenai bahaya narkoba dan piskotropika agar para remaja dapat menjahui narkoba. Semoga dengan adanya kader kesehatan remaja dapat menularkan ilmunya kje teman maupun keluarga sehingga kesadaran pentingnya kesehatan meningkat baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *