DIKLAT DEWAN GALANG PRAMUKA SMP KARTIKA IV-8 MALANG TAHUN 2018

Gerakan Pramuka merupakan wadah untuk mengembangkan siswa atau pemuda dalam berpikir kritis, kreatif, bertanggung jawab, rasa nasionalisme dan mandiri. Selain itu gerakan pramuka merupakan wahana pendidikan yang dapat menunjang tercapainya tujuan daripada pendidikan nasional. Pola dan mekanisme pembinaan di dalam gerakan pramuka telah secara nyata terbukti cocok dan sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin modern dengan berbagai pembelajaran melalui banyak kegiatan yang menarik, inovatif, terarah, kreatif, rekreatif, dan pastinya bersifat edukatif.

Dalam gerakan pramuka pula siswa atau pemuda dapat melatih diri mereka dalam tingkah laku sehari hari, agar sesuai dengan Pancasila, Trisatya, dan Dasa Dharma. Perilaku tersebut dapat secara langsung mengarahkan pemuda kedalam kehidupan yang baik, dan lingkungan masyarakat yang baik. Dan bagi siswa sendiri hal ini dapat menunjang kemampuannya dalam meningkatkan pola pikir yang lebih baik, dan kemampuan bersaing yang saat ini sangat dibutuhkan oleh kemajuan zaman.

Pentingnya kegiatan pramuka tersebut maka perlu adanya regenerasi dewan galang setiap tahunnya dengan tujuan agar :

  1. Menanamkan rasa persaudaraan dan
  2. Memupuk rasa solidaritas antar
  3. Meningkatkan keterampilan dalam memimpin dan mengelola
  4. Melatih, membina, dan mengembangkan mental, fisik, pengetahuan dan pengalaman secara mandiri, kreatif, terampil, dan bertanggung

Diklat dewan galang ini dilakukan di lingkungan sekolah SMP KARTIKA IV-8 Malang pada hari Sabtu dan Minggu serta diadakan persami. Berbagai kegiatan dilakukan untuk membentuk dewan galang yang baru diantaranya latihan PBB, lomba memasak, operasi semut, renungan dan outbond untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan pada dewan galang. Setelah selesai outbond pada Minggu siang maka acara ini ditutup langsung oleh Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan SMP Kartika IV-8 Malang yaitu Ibu Siti Masmucha. Semoga dengan kegiatan ini maka dewan galang yang baru lebih baik dari sebelumnya dan pramukan SMP KARTIKA IV-8 Malang semakin baik. Terima kasih juga untuk Bunda Dra. Roem Andjarwati selaku pembina ekstrakulikuler pramuka yang selalu menemani diklat dewan galang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *