Hijrah Untuk Menuju Hidup Lebih Baik

Peristiwa bersejarah yang selalu diperingati oleh umat muslim adalah memperingati tahun baru Hijriyah. Peristiwa ini untuk mengingatkan kembali perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah yang melalui berbagai tantangan dan cobaan. Tetapi Nabi Muhammad SAW dapat melewati semua tantangan dan cobaab tersebut. Dari teladan itu kita sebagai umat muslim dapat memetik banyak ilmu tentang Hijrah. Salah satunya yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Makna Hijrah antara lain adalah dimana kita harus bisa memperbaiki diri, memperbaiki diri dalam hal sikap , perilaku dan memperbaiki ucapan.

Sebagai seorang pelajar kita harus sopan dan santun kepada guru. Karena merekalah yang mendidik kita dengan baik. Salah satu contoh nyata kita berhijrah yaitu yang sebelumnya kita malas berusaha, pada akhirnya terjadi perubahan kita menjadi tekun dan semangat berusaha. Yang sebelumnya kita malas belajar, berubah menjadi lebih baik yaitu tekun belajar. Contoh lain yang dapat kita lihat, apabila kita sudah menggapai cita – cita yang kita inginkan, mungkin kita akan tergoda untuk menyalahgunakan amanah, maka hijrahnya yaitu kita bisa memperbaiki diri dengan cara menjalankan amanah yang sudah diberikan kepada kita.

Hijrah itu yang penting adalah ada kesadaran untuk terus menerus memperbaiki diri pada saat kita melakukan hal – hal yang dibenci oleh Allah SWT. Apabila kita dapat memperbaiki diri terus menerus menandakan kita sebagai umat muslim yang beriman. Selain pada sesame manusia kita juga harus berbuat baik pada lingkungan disekitar kita. Contoh nyata yang bisa kita lihat yaitu, apabila sebelumnya kita masih berburu hewan untuk kepentingan pribadi kita, maka selanjutnya adalah tidak berburu lagi. Hal ini berkaitan dengan keseimbangan alam apabila salah satu bagian dari kehidupan di alam kita musnahkan. Ikut melakukan penghijauan juga merupakan sifat teladan. Karena dengan kita melakukan penghijaun keseimbangan alam disekitar kita menjadi terjaga.

Menjadi seorang hamba yang baik bagi Allah SWT juga merupakan contoh berhijrah. Semua perilaku baik itu bisa kita biasakan semenjak kita masih kecil, sehingga saat kita dewasa kita bisa menjadi umat yang baik. Hijrah yang kita lakukan dapat berupa perubahan yang bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun bermanfaat untuk orang lain. Jadi hijrah kita dapat bersifat vertical dengan Allah SWT, yang berhubungan dengan meningkatnya keimanan kita pada Allah SWT. Selain itu dapat bersifat horizontal yaitu bermanfaat bagi sesame manusia dan lingkungan sekitar kita. Apabila seseorang selalu ingin berhijrah, maka akan tumbuh keimanan yang mendorong seseorang itu mewujudkan kebaikan kapan pun dan dimana pun dia berada. Kemudian berani mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di hadapan Allah SWT.

Jadi, marilah kita berhijrah mulai dari sekarang karena dengan berhijrah akan mengajarkan kita bagaimana bertanggungjawab , jujur, dan baik terhadap sesama. Memang saat berhijrah kita membutuhkan waktu yang lama dan proses yang rumit, akan tetapi yang utama dan yang perlu kita perhatikan adalah adanya kesadaran untuk terus menerus memperbaiki diri baik saat kita melakukan kesalahan ataupun kebaikan.

By : Anggre  ( 9C)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *