Merayakan Hari Kemerdekaan dengan Kegembiraan

Bulan Agustus merupakan bulan yang istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia karena pada bulan tersebut Bangsa Indonesia terlepas dari penjajahan dan dapat menentukan nasibnya sendiri. Sehingga setiap Bulan Agustus diadakan berbagai acara lomba untuk memperingati kemerdekaan Negara Republik Indonesia. SMP KARTIKA IV-8 Malang yang merupakan sekolah swasta di bawah KODIM juga tidak ketinggalan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan tersebut. Berbagai lomba yang inovatif dan memperkuat karakter diadakan selama empat hari. Dimulai pada tanggal 12 Agustus sampai 16 Agustus dan puncaknya pada tanggal 17 Agusutus nanti akan diberikan hadiah untuk pemenang setiap lomba.

Hari pertama perlombaan penyambutan HUT RI ke 73 diadakan lomba memindahkan air dengan media kain dan lomba balap karung berhelm. Lomba memindahkan air dilakukan oleh dua anak. Anak pertama bertugas untuk memindahkan air menggunakan kain ke dalam botol yang berada di kepala anak kedua yang telah memakai jas hujan agar tidak basah jika ketumpahan air. Lomba ini bertujuan agar para siswa memiliki karakter untukĀ  menggunakan air seperlunya meningat keadaan air di dunia semakin lama semakin mengkawatirkan. Lomba kedua merupakan perlombaan yang menjadi tradisi ketika HUT RI. Hampir di seluruh Indonesia selalu mengadakan lomba balap karung karena merupakan lomba paling seru. Untuk menjaga keamanan setiap pesrta memakai helm agar bila terjatuh tidak berdampak fatal terhadap kepalanya.

Hari kedua perlombaan semakin seru karena pada hari kedua ini terdapat tiga perlombaan sekaligus yaitu lomba yel-yel dari setiap kelas, lomba membuat poster bertemakan lingkungan dan lomba sunggi tampah yang diikuti bapak/ibu guru dan karyawan SMP KARTIKA IV-8 Malang. Lomba yel yel yang dilaksanakan di lapangan basket SMP KARTIKA IV-8 Malang sangat meriah. Setiap siswa bersungguh-sungguh menyiapkan yel-yel yang terbaik untuk ditampilkan. Kreatifitas para siswa patut diacungi jempol pada perlombaan ini. Beberapa kelas bahkan ada yang membawa peralatan masak dari rumah untuk menunjang penampilannya. Yel-yel tersebut dipadukan juga dengna kesenian khas dari Kota Malang yaitu tari Barong sehingga membuat suasana yang ada menjadi semakin meriah.

Bapak/ibu guru serta karyawan SMP KARTIKA IV-8 Malang juga tidak mau kalah dalam merayakan HUT RI ke 73 dengan melakukan perlombaan sunggi tampah yang diatasannya diletakan beberapa bola. walaupun tidak ada hadiahnya tetapi dari raut wajah bapak/ibu guru sangat senang melakukan perlombaan ini. Pada hari Rabu atau hari ketiga diadakan lomba kebersihan kelas yang di dalamnya terdapat ketentuan bahwa 75 % harus menggunakan bahan bekas untuk hiasan kelas. Perlombaan ini sebenarnya telah mulai dinilai oleh Tim Juri sebelum tanggal 15 Agustus. Pengamatan tidak hanya dilakukan pada hari tersebut agar siswa terbiasa menjaga kebersihan kelasnya.

Hari terakhir perlombaan ditutup dengan lomba fashion show dari bahan daur ulang dan juga bazar makanan sehat. Perlombaan fashion ini untuk memancing kreatifitas siswa dalam memanfaatkan bahan bekas sehingga menjadi barang yang berekonomi tinggi. Untuk bazar makanan setiap kelas harus menyediakan makanan yang bebas dari pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Hal ini bertujuan untuk mendidik siswa agar selalu menjaga kesehatan melalui makanan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *