Selamat Datang Keluarga Baru SMP Kartika

Tahun pelajaran baru telah datang dan seluruh warga SMP KARTIKA IV-8 Malang menyambutnya dengan penuh semangat keluarga baru. Setiap tahun pelajaran baru keluarga besar SMP KARTIKA IV-8 Malang bertambah. Untuk tahun pelajaran 2018-2019 sebanyak 138 siswa dari berbagai sekolah dasar menjadi keluarga SMP KARTIKA IV-8 Malang. Sehingga untuk menyambutnya diadakan upacara pembukaan MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) oleh kepala sekolah yaitu Bapak Sanuri. Sebagai simbol disematkannya atribut MPLS kepada perwakilan siswa baru.

 

MPLS sendiri bertujuan agar siswa baru bisa beradaptasi dengan cepat di lingkungan yang baru. Kegiatan ini sekaligus menjadi sarana bagi siswa baru untuk mengenal lebih banyak mengenai SMP KARTIKA IV-8 Malang. MPLS diadakan selama empat hari dan para siswa baru dibagi dalam lima kelas yang berbeda. Selama empat hari tersebut para siswa baru dibeeri materi dan pembekalan motivasi agar siap menghadapi pembelajaran. Materi yang diberikan antara lain pengenalan visi misi sekolah dan kurikulum, wawasan kebangsaan, tata tertib sekolah, pengebangan diri dan ekstrakulikuler serta pendidikan bahaya pornografi, merokok, piskotropika dan narkoba. Selain pemateri dari guru, sekolah juga bekerjasama dengan yayasan kartika jaya untuk mendatang pemateri dari KODIM untuk memberikan materi wawasan kebangsaan maupun bahaya narkoba.

Kegiatan MPLS tidak hanya tentang materi saja tetapi disisipi beberapa kegiatan yang menyenangkan sepert game dari kakak OSIS dan kegiatan menyanyi yang dipandu langsung oleh Bapak Afiek dan Bapak Didik. Berbagai kegiatan MPLS tersebut setiap harinya diakhiri dengan sholat Dhuhur berjamaah yang dikoordinasi oleh bapak Dani. Untuk siswa kelas 8 dan sembilah pihak sekolah berinisisatif untuk bekerjasama dengan yayasan KARTIKA JAYA dalam melatih para siswa baris berbaris. Selama adek kelas nya melakukan kegiatan MPLS kakak kelasnya ditempa oleh para tentara di lapangan rampal agar memiliki kedisplinan yang tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *