Memanfaat Barang Bekas untuk Fashion

SMP KARTIKA IV-8 Malang tahun ini berkomitmen untuk menjadi sekolah Adiwiyata. Untuk mewujudkannya maka program-program yang diadakan berbasis lingkungan. Salah satunya dengan mengikuti lomba yang diadakan SMP N 16 Malang. Lomba yang bertajuk ” Fashion Show dan Daur Ulang” tersebut diadakan untuk memperingati hari ozon internasional. Perlombaan yang diikuti oleh Sekolah Imbas SMP N 16 Malang tersebut diharuskan membuat pakaian yang dibuat dari bahan-bahan bekas (daur ulang)

Perancangan busana yang diikutkan dalam lomba diserahkan kepada Bapak Afiek selaku guru seni yang berada di SMP KARTIKA IV-8. Dengan melakukan kerjasama dengan siswa dan beberapa guru Bapak Afek berhasil membuat dua busana yang indah. Kedua busana tersebut berbahan dasar dari kertas pembungkus semen. Untuk urusan aksesoris berupa bunga diserahkan kepada Bapak Sugeng sedangkan rajutannya dikerjakan oleh Ibu Ulfie sehingga terciptanya karya busana tersebut.

Perlombaan sendiri dibagi menjadi dua kategori yaitu Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Untuk SMP KARTIKA IV-8 Malang diwakili oleh Nadia Putri dari kelas 8C dan Ranny Ramanta dari kelas 9E. Untuk kategori SMP wakil dari SMP KARTIKA IV-8 yaitu Ranny Ramanta keluar sebagai juara sehingga berhak mendapat hadiah berupa piagam penghargaan dan bibit buah tin. Diharapkan dengan mengikuti lomba tersebut anak-anak semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar dan selalu memanfaat sampah menjadi barang yang berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *