MENANGKAL KOMUNISME SEJAK DINI DENGAN MENGENANG G30S/PKI

Komunisme merupakan salah satu paham yang bertentangan dengan Pancasila. Sejarah mencatat beberapa kali Pancasila ingin diganti dengan komunisme tetapi selalu gagal. Pada zaman reformasi ini dimana informasi dan pers berjalan bebas disinalir paham komunisme mulai tumbuh lagi di Indonesia. Tentu saja sasaran utama berupa anak muda yang akan menjadi penerus bangsa. Untuk mencegah paham komunisme tumbuh lagi maka panglima besar TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memerintahkan seluruh intansi TNI dan jajarannya untuk melakukan nonton bareng film G30S/PKI.

SMP KARTIKA IV-8 merupakan sekolah yang berada di bawah pembinaan Yayasan Kartika Jaya Koordinator XL Kodim 0833 Korem 083 Cab. IV daerah Brawijaya siap untuk melaksanakan perintah Jenderal Gatot Nurmantyo dalam upaya mencegah komunisme dengan mengadakan nonton bareng film G30S/PKI. Acara nonton bareng ini bertepatan dengan Penilaian Tengah Semester sehingga agar tidak mengganggu kegiatan maka dijadwal. Hari Selasa 26 September jam 10.00 untuk siswa kelas 9 yang berjumlah 163 siswa. Hari Rabu 27 September pukul 08.00 siswa kelas 7 yang berjumlah 198 siswa sedangkan hari Kamis 28 September jam 10.30 giliran siswa kelas 8 yang berjumlah 214 siswa.

Nonton bareng tersebut diprakarsai oleh kodim Malang dan file film sudah disediakan oleh kodim dengan proses sensor terlebih dahulu sehingga film ini layak untuk ditonton anak-anak. Pada acara ini juga di dampingi langsung oleh personil dari tentara untuk membimbing dan menjelaskan anak-anak agar dapat memahami film tersebut. Tak hanya para murid yang ikut serta nonton bareng para guru dan karyawan SMP KARTIKA IV-8 juga ikut menyaksikan film tersebut yang diputar di aula SMP KARTIKA IV-8.

Dengan menonton film G30S/PKI diharapkan siswa siswi mampu memehami bahaya komunisme dan bagaimana kekejaman yang dilakukan oleh PKI. Sekolah selain tempat menuntut ilmu juga berfungsi membentuk karakter dan ideologi siswanya. Sehingga perlu diberi pengetahuan mengenai paham-paham apa saja yang mengancam Pancasila dan negara ini. Semoga dengan acara nonton bareng ini dapat membendung arus komunisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *