DIRGAYAHU INDONESIAKU KE 72

” Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka “

Sepenggal lagu di atas sering sekali kita dengar ketika mulai bulan Agustus. Bulan Agustus memang istimewa bagi selurung rakyat Indonesia karena pada bulan tersebut bangsa Indonesia terlepas dari penjajahan. SMP KARTIKA IV-8 juga sangat antusias dalam menyambut HUT RI ke 72 dengan mengadakan berbagai perlombaan yang berlangsung selama tiga hari. Dimulai tanggal 14 sampai 16 agustus 2017.

Ada 6 lomba yang diadakan. Hari pertama diadakan dua lomba yaitu lomba estafet bendera dan lomba sedotan karet. Seluruh kelas diwakili tiga anak yang membuat sebuah tim. Untuk perlombaan ini dibedakan anatar laki-laki dan perempuan. Kedua lomba ini mengandalkan kerjasama tim yang baik. Setelah proses lomba yang sangat menyenangkan di dapat juara satu, dua dan tiga. Lomba estafet bendera putra dimenangkan kelas 9D, juara kedua kelas 8F dan juara ketiga 7E sedangkan untuk putri dimenangkan kelas 7B, juara kedua 8F dan juara ketiga 9A. Lomba sedotan karet untuk putra dimenangkan kelas 9F, juara kedua 7F dan juara ketiga 8B sedangkat untuk putri juara pertama dimengkan 7E, juara kedua 9D dan juara ketiga 8C.

Lomba hari kedua adalah lomba kursi joget dan lomba pukul air dimana setiap lomba kelas diwakili oleh laki-laki dan perempuan. Lomba kursi joget merupakan lomba unik dimana setiap peserta harus melakukan joget dengan diiringi musik dan jika musik berhenti peserta lomba harus berebutan untuk duduk di kursi yang telah disediakan. Lomba joget laki-laki dimenangkan oleh kelas 8C, juara kedua kelas 7B dan juara ketiga kelas 9E sedangkan untuk perempuan juara satu kelas 7B, juara dua kelas 9D dan juara ketiga kelas 8F. Lomba pukul air dilakukan dengan mata tertutup dan peserta sebelumnya telah dibuat pusing dengan cara memutar badannya barulah peserta bisa memulai mencari dan memukul air. Untuk lomba ini bagian putra dimenangkan kelas 8E, juara kedua 9D dan juara ketiga 7D sedangkan putri dimenangkan kelas 7D, juara kedua kelas 8G dan juara ketiga kelas 9D.

Lomba hari terakhir diisi dengan menghias kelas dan lomba membuat poster. SMP KARTIKA IV-8 sudah menuju ke sekolah adiwiyata sehingga untuk mendungkung hal tersebut maka dipilah tema mengenai lingkungan. Indikator penilaiannya juga berbasis lingkungan seperti hiasan yang digunakan harus dari bahan daur ulang dan isi poster yang dibuat harus menunjukan kepedulian lingkungan. Untuk lomba kebersihan kelas dimenangkan oleh kelas 9D, juara kedua kelas 7D dan juara ketiga kelas 8B. Untuk lomba poster dimenangkan Arif Aurale dari 9A, juara kedua Valen Ariel kelas 7C dan juara ketiga M. zaky dari kelas 7B.

Untuk menutup rangkaian kegiatan menyambut HUT RI ke 72 pada hari Kamis 17 Agustus 2017 mengadakan upacara bendera. Pada upacara tersebut Bapak Dominggus sebagai pembina upacara dan seluruh siswa memakai seragam pramuka. Setelah upacara para pemenang lomba diberi hadiah dan terdapat syukuran potong tumpung. Semoga dengan bertambahnya umur negara ini, penduduk semakin sejahtera dan makmur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *